Sabtu, 20 Agustus 2011

kecil...panjang...tapi ngabisin waktu

Ayo coba tebak....ini gak ada unsur pornografi apalagi sara ya...hehehe.Kita bakal sedikit ngomongin soal bias tape atau banyak yang nyebutnya bisban. Kain yang suka dijahit di tepi, agar pinggir jahitan terlihat rapi dan cantik.

Tapi buat seorang yang awam dalam urusan jahit menjahit seperti saya, bikin bias tape ini susah juga. Kadang sisi bawah dan atasnya gak pas waktu dijahitnya, jadi udah pasti banyak waktu terbuang percuma.Ilmu yang saya punya juga sama sekali belum mumpuni, seadanya yang didapat dari internet aja. Sampe sekarang saya kadang rela menjelujur dulu atau bikin bias tape dengan cara manual, gak pake mesin jahit.
Sebenarnya ada beberapa alat untuk membantu pembuatan bias tape sekaligus untuk memasangnya, hanya mungkin baru familiar di kalangan tertentu saja.






Gambar-gambar diatas diambil dari berbagai sumber, semuanya berfungsi untuk membuat bias tape dan untuk mempermudah proses menjahitnya. Mungkin kalau punya alat ini bisa lebih menghemat waktu, tapi harganya lumayan mahal juga. Kalau kita coba cari di youtube dengan keyword bias tape binding, bias tape maker atau bias tape binder, lumayan banyak juga tutorialnya.

Sambil nunggu celengan penuh, gak ada salahnya kita belajar bersabar dan pakai dulu cara yang primitif...hehehe. Jadi barang-barang ini harus rela masuk ke waiting list dulu aja ya ^_^

9 komentar:

  1. tah eta pisan...abi kamari2 bertanya2 tentang ceu bisban ini...akhirnya nemu jg si eceu disini hihi

    BalasHapus
  2. keliatannya ceu bisban ini cantik, tp bikinnya ??? wuaaaah...bermandi peluh sayah mah :D

    BalasHapus
  3. wah.. apalagi aku.. gak ngerti soal jait2.. soal desain baru suka *aneh*
    good luck, ya semoga cepet terkumpul tabungannya :))

    BalasHapus
  4. sy jg msh hrs banyak belajar nih Indi, byk barang" ajaib yg blm sy tau, maklumlah semuanya otodidak :(
    aamiin...tq dear, sukses selalu buat Indi ^_^

    BalasHapus
  5. aku suka pake bisban kalo jahit, tp di kota ku susah nyari bisban yg cocok, mksdnya, sering ukurannya ga seusai yg kita mau, jdnya ku bikin bisban sendiri dg cara manual, lama T_T

    BalasHapus
  6. iya bener banget, jdnya terpaksa bikiin sendiri ya. pdhl lumayan makan wkt bikin bisban kayak gitu :(

    BalasHapus
  7. halo mbak.. salam kenal... :)
    masih pengen bikin bisban tapi pake alat yang gak ,ahal? coba buka di http://meijosjoy.blogspot.com/2012/04/diy-bias-tape-maker.html
    cuma pakai cashing-nya cutter, gak perlu beli mahal kan?? ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai mbak yuanita, salam kenal juga ^_^
      makasih banget infonya ya, bener" ide hebat & keren

      Hapus
  8. Thanks for sharing.. Mencari toko alat jahit terpercaya yang menjual berbagai jenis perlengkapan menjahit?.. Kunjungi website Fitinline dan dapatkan penawaran menarik lainnya..

    BalasHapus