Senin, 28 Oktober 2013

LOMBA APE PAUD TINGKAT NASIONAL 2013


Alhamdulillah, hari ini bisa kembali membuat postingan baru buat blog. Setelah beberapa bulan yang lalu sempat sakit, kemudian Allah memberikan kesembuhan dan kejutan luar biasa. Karya saya terpilih menjadi 30 besar dalam Lomba Pengembangan APE (Alat Permainan Edukatif) PAUD tk nasional 2013 ^_^ 

Awal keikutsertaan saya di event ini sebetulnya tidak sengaja. Jadi waktu itu saya lihat link tentang lomba ini di Facebook, setelah saya download Juknisnya, ternyata...pusyiiiing...hihihi. Mungkin karena ini bukan bidang saya. Tapi 10 hari menjelang penutupan lomba, saya baru dapat ide untuk membuat pengenalan angka untuk anak usia 4-6 tahun. Disusul dengan menggambar & begadang tiada henti karena sudah sangat dekat dengan deadline. Untuk antisipasi akhirnya saya mengirimkan via e-mail dan kurir....kok jadi niat banget ya ??? qiqiqi. Setelah dapat kabar dari panitia, langsung bikin prototype untuk dipresentasikan, tidak lupa juga sinopsisnya. 

RODA BILANGAN, karya perdana saya di bidang alat permainan edukatif
Event ini baru pertama kali diadakan oleh dirjen PAUD, ini bukan lomba yang berjenjang, tidak ada seleksi di tingkat daerah, semua naskah diseleksi langsung oleh panitia di Jakarta. Tahun ini diikuti oleh 637 karya (berdasarkan surat undangan dari panitia), setelah seleksi tahap pertama, menjadi 400 karya. Seleksi tahap kedua tersisa 300 karya. Yang memenuhi syarat ada 70 karya, sampai akhirnya eliminasi terakhir menyisakan 30 orang nominator. Terdiri dari 17 orang perempuan & 13 orang laki-laki (1 orang tidak bisa hadir). Dari 17 orang itu, ternyata cuma saya yang bukan guru TK *celingukan. Dan dari peserta pria ada 2 orang yang guru TK. Dari Jawa Barat yang berhasil lolos ada 5 orang ( 2 orang kodya Bdg, 1 orang kab.Bdg, 1 orang Cimahi, 1 orang Depok). Pesertanya keren-keren, mulai dari yang didepan & di belakang namanya ada embel-embel, sampai yang namanya bersih pisan, jiga sayah…hehehe

Hari pertama, begitu tiba di lokasi, setelah registrasi, peserta langsung menyiapkan display karya (batas waktu smp jam 16:00), juri langsung menilai karya beserta sinopsisnya. Setelah pembukaan, ada briefing dari panitia utk presentasi prototype esok harinya. Waktu yang disediakan utk presentasi 20 menit. Acara baru selesai jam 22:00...langsung tidoooooooor 

Sibuk menata display 


Semua sudah siap untuk dinilai
Acara Pembukaan
Hari kedua, jam 08:00 persiapan presentasi. Peserta dipanggil secara acak, tdk berdasarkan no urutnya lagi...nah lho !!! parno ??? ketar-ketir ??? deg-degan ???Tenang...panitia udah menyiapkan acara jg biar peserta nggak sutris, diantaranya menyanyi, sedikit gerak badan & bermain peran...hehehe *kembali muda 

Tim juri terdiri dari 5 orang,
-   2 orang dr akademisi (Dosen Prodi PAUD UNJ & UNES)
-   Ketua Konsorsium Permainan Anak Indonesia(Ibu Nunuk S.Psi)
-   PUSPITEK (Dr. Nurul Taufiqu Rochman, DMB, M.Eng).
-   Dept perindustrian (Punten pisan bapak, saya lupa namanya *pletak )

Dan diluar dugaan...waktu presentasi diubah hanya disediakan 5 menit saja, 5 menit berikutnya pertanyaan dari juri. Jadi saya musti ngomong apa ??? *krik...krik...krik.  Akhirnya dapat giliran no 10, seperti perkiraan saya, belum selesai udah habis waktunya. Kayak keriting rambut ya ada timernya...hihihi. Dicecar pertanyaan....yang teori ??? duka teuing  Mulai dari kognitif, afektif & psikomotorik tetap saya jawab sebisanya *sok pinter...sok pinter. Pertanyaan tentang originalitas konsep, design dan pengembangan produk ???  alhamdulillah...lancaaaaar. *tarik nafas lega

Jam 20:30, semua peserta sudah masuk lagi ke ballroom utama. Sibuk ngobrol sana-sini...tetap pada prinsip...banyak teman banyak saudara banyak peluang bisnis *beuuuuuh  

Foto bersama setelah semua selesai presentasi

Hari ketiga, pagi-pagi udah bagi-bagi uang saku *asik...asik. Dilanjut materi dari dept perindustrian, alhamdulillah dapat pencerahan soal bisnis UKM dibidang APE ini, masih belum banyak pemainnya lho, tapi jangan lupa SNInya juga ya 

Materi dari departemen perindustrian

Sampai akhirnya pengumuman & saya tidak menang . Tapi dr Bandung (Pak Toni) berhasil jadi juara 2 dan berhak membawa hadiah 20juta...hidup persib !


Yang bikin senang itu pesertanya benar-benar akrab, saling support satu sama lain. Terutama tim Bandung, setiap saat curcol Saling bagi-bagi pengalaman juga. Selain itu tentu saja perbaikan gizi...wkwkwk. Maaf, saya gak foto-foto makanan. Pokoknya yang pemalu pasti lapar lah :D

Bareng roommate ^_^
Yang benar-benar saya syukuri, Allah memberikan kesempatan untuk bisa ikut event ini, disaat saya sudah punya anak dan saya ingin membuat anak-anak bangga. Saya tau mereka kecewa karena saya tidak menang. Tapi pembelajaran juga buat mereka, bahwa ada saatnya kita harus bisa mengakui kekurangan diri sendiri dan berjiwa besar menghargai kelebihan orang lain. Harus sangggup utk ikut merasa senang atas keberhasilan orang lain, tanpa iri apalagi merendahkan. Dan saya tahu benar kapasitas saya di bidang ini amat sangat terbatas, mengingat ini memang bukan bidang saya, walaupun adalah sedikit sangkut pautnya dengan pengalaman membesarkan anak-anak dan sedikit skill design ala kadarnya *corel deui...corel deui 

Terima kasih untuk semua doa dan dukungan teman-teman semua menjelang final. Walaupun belum berhasil menjadi juara, alhamdulillah banyak hal positif yang bisa saya ambil dari kegiatan ini ^_^

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar